Menu
 

Pernahkah Anda merasa dada Anda terasa nyeri bagaikan tertekan? Hati-hati, bisa saja itu adalah gangguan awal dari Angina Pactoris. Sebagian dari Anda mungkin masih terlalu awam dengan istilah ini. Namun sangat perlu untuk mengetahu apa sih gangguan Angina Pactoris itu?
Gangguan Nutrisi Pada Angina Pectoris

Gangguan ini tidak mengacu kepada apakah Anda merokok atau tidak, atau makan dengan benar atau tidak. Angina Pactoris biasanya seringkali dipicu oleh rasa lelah karna aktivitas fisik. Meski gangguan ini normalnya hanya berlangsung tidak lebih dari beberapa menit, Anda harus tetap waspada karena Angina Pactoris bisa saja memburuk atau datang di waktu yang tidak tepat.

Nyeri dada yang bersifat sementara ini biasa terjadi karena aliran darah ke arteri yang terganggu dan tidak dapat mengalirkan oksigen yang cukup untuk otot jantung bekerja. Anda memerlukan banyak oksigen ketika Anda melakukan pekerjaan yang berat atau tengah mengalami gejolah emosi yang membuat kerja jantung bertambah. Penyebab lain dari gangguan Angina Pactoris adalah anemia berat, katup aorta yang bocor atau terjadi penyempitam, dan kontraksi yang terjadi pada arteri secara tiba-tiba.
Angina pektoris itu penyakit apa

Rasa sakit yang disebabkan oleh Angina Pactoris biasanya terjadi secara tiba-tiba dan tidak memiliki gejala awal. Banyak penderita yang mengatakan jika gangguan ini digambarkan dengan perasaan yang tidak nyaman dan bukannya nyeri. Namun, ada beberapa juga yang merasakan nyeri atau rasa tertekan di beberapa bagian tubuh, seperti punggung, gigi, rahang, tenggorokan, bahu kiri, dan lengan kiri.

Perasaan nyeri yang terasa akan terasa semakin buruk jika saja penderita tengah mengalami stres emosional dan berada di cuaca yang dingin. Sebenarnya gangguan Angina Pactoris tidaklah begitu berbahaya, namun bisa saja terjadi di waktu yang tidak tepat. Misalnya saja datang ketika Anda sedang menaiki tangga dan akhirnya kehilangan keseimbangan karena panik dengan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba. Bila penderita mengalami kehilangan kesadaran, sebaiknya orang terdekat segera membawanya ke rumah sakit.
Kenali penyakit Angina Pektoris

Cari posisi paling nyaman ketika merasakan rasa nyeri di dada kiri, misalnya duduk dan bersandar. Bila Anda memiliki semprotan Nitrogliserin, lakukan semprotan kebagian dalam pipi sekali sekali. Anda juga bisa menggunakan tablet Nitrogliserin yang Anda taruh di bawah lidah sehingga larut dengan sempurna. Setelah lima menit berselang, lakukan hal yang sama jika nyeri masih berlangsung. Bila dalam 15 menit ke depan tidak ada perubahan, segera hubungi dokter.

Gangguan Angina Pactoris bisa dicegah dengan beberapa cara, yaitu dengan mengatur waktu istirahat yang cukup, mengendalikan tekanan darah, kolesterol dan diabetes, juga mengurangi berat badan. Semoga bermanfaat.

sumber

Posting Komentar

 
Top