Menu
 

Sebenarnya menjaga kesehatan wanita hamil tidak begitu sulit. Namun terkadang hal-hal yang simpel dan kecil itu terkadang dilupakan dan malah menimbulkan banyak masalah. Karena itu, berikut ini adalah panduan mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

tips menjaga kesehatan kandungan


1. Membersihkan Tubuh


Penting hukumnya untuk ibu hamil dalam menjaga kebersihan tubuh. Berawal dari kebersihan tangan dan kuku. Setelah melakukan pekerjaan dan sebelum makan, jangan lupa untuk mencuci tangan. Jika Anda memelihara binatang, seperti kucing, unggas, atau anjing, jangan lupa untuk mencuci tangan setelah memegang mereka agar terhindar dari virus toksoplasmosis yang berbahaya untuk janin Anda. Untuk kesehatan wanita hamil, daerah alat kelamin adalah area yang paling penting dijaga kebersihannya. Jangan lupa untuk mengganti celana dengan sering, karena ibu hamil rentan mengalami keputihan yang terasa tidak nyaman. Kebersihan payudara juga harus dijaga. Semakin payudara ibu hamil membesar, maka Anda harus terus mengganti ukuran Bra yang tepat.

tips menjaga makanan untuk kesehatan kandungan


2. Olahraga Dan Latihan Fisik


Demi menjaga kesehatan wanita hamil, olahraga dan latihan fisik sangatlah dianjurkan, terutama senam hamil. Tujuan dari senam hamul ini adalah melancarkan peredaran darah, melatih pernafasan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memperkuat otot dasar panggul. Rajin berjalan kaki juga merupakan cara mudah untuk melatih fisik. Namun, sebelum melakukan olahraga ini, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda. Terkadang ada keadaan dimana ibu hamil harus melakukan bed rest total karena resiko keguguran yang tinggi.


3. Menghirup Udara Segar


Rutinlah berjalan di pagi hari, dimana udara masih terasa segar dan bersih. Taman kota dan jalan yang masih banyak memiliki pohon adalah tempat yang tepat. Jangan sampai salah memilih tempat jalan pagi, karena bisa saja Anda malah menghirup udara yang penuh dengan polusi. Ketika diharuskan keluar rumah ke tempat yang penuh dengan polusi, jangan lupa untuk memakai masker penutup.


4. Istirahat Yang Cukup


Untuk proses metabolisme tubuh, wanita hamil memerlukan energi ekstra. Pola tidur yang teratur bisa menjadi solusi untuk hal ini. Tidurlah selama 8 jam pada malam hari, dan 1-2 jam pada siang hari. Pastikan tubuh untuk terelaksasi secara sempurna. Jika perlu, Anda bisa menggunakan aroma therapy atau musik penenang agar mendapatkan tidur yang berkualitas. Dalam menjaga kesehatan wanita hamil, posisi tidur juga perlu diperhatikan. Konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda.


5. Pantangan Untuk Ibu Hamil

tips menjaga kandungan


Kesehatan wanita hamil dapat dijaga selama memperhatikan apa saja yang merupakan pantangan. Agar terhindar dari resiko kontaminasi parasit salmonella, listeria, dan toksoplasma. Minimalkan pula mengkonsumsi kopi, teh, dan minuman lainnya yang mengandung kafein. Pantangan lainnya adalah menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol karena akan meningkatkan resiko keguguran.


Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan wanita hamil yang dapat dilakukan. Selalu perhatikan apa yang Anda lakukan dan makan. Semua itu demi buah hati Anda agar selamat hadir di dunia ini.


View the original article here

Posting Komentar

 
Top