Menu
 

 JAKARTA- Tentu Anda telah familiar dengan istilah selfie atau pengambilan foto diri secara mandiri. Fenomena ini telah menjangkiti masyarakat luas dan lumrah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.Namun, tahukan Anda bahwa terminologi selfie kini memiliki pesaing baru? Pesaing baru selfie tersebut adalah ussie yang ditujukan bagi kegiatan foto mandiri seseorang dengan orang lain atau dengan banyak orang.Sebagai contoh, momen foto selfie yang dilakukan oleh Ellen DeGeneres bersama dengan beberapa selebritis Hollywood dalam ajang Oscar 2014 lalu, seharusnya disebut sebagai aksi ussie.Secara harafiah, selfie ditujukan bagi pengambilan foto mandiri antara seseorang dengan kameranya secara langsung. Namun seiring berjalannya waktu, terminologi selfie pun meluas maknanya, tidak hanya untuk foto diri seorang saja, melainkan juga foto mandiri dengan banyak orang.Lalu pertanyaan adalah kapan dan dari mana terminologi ussie bermula?Menurut Ben Zimmer, produser eksekutif pada situs kamus online terkemuka, Vocabulary.com, mengatakan bahwa kata ussie
telah muncul ada sejak bulan April 2013 silam. Kata tersebut pertama kali dikemukakan oleh harian The Times of India yang sempat menulis berita bahwa aksi foto bersama yang dilakukan oleh Paus Fancis dan para jemaat adalah aksi ussie selebritas yang pertama.Semenjak itu, masih menurut Ben, kata ussie pun kian banyak digunakan oleh beberapa publikasi lain, sehingga diramalkan akan menggantikan fungsi kata selfie untuk menyebut kegiatan foto mandiri secara bersama.Menariknya, kata ussie turut pula diramalkan akan menjadi kata yang cukup efektif dalam dunia pemasaran. Michal Ann Strahilevits, profesor bidang pemasaran di Universitas Golden Gate, San Fransisco, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa ussie akan membawa dampak sosial yang lebih baik, khususnya dalam mendukung kegiatan pemasaran."Berkebalikan dengan selfie, kata ussie cenderung mengandung makna sebuah hubungan yang lebih intens, di mana di dalam dunia pemasaran, hal ini mirip dengan prinsip getok tular atau marketing dari mulut ke mulut," ujar Michal.Michal menambahkan bahwa momen berfoto dan membaginya secara bersama-sama dengan orang lain akan meningkatkan brand awereness sebuah produk karena secara tidak langsung mendapat ulasan massal dari pelaku ussie terkait.Selain selfie dan ussie, terminologi foto mandiri lain yang juga semakin dikenal luas oleh publik adalah belfie atau pose mandiri yang cenderung seronok. (Independent/Kabar24.com)

sumber

Posting Komentar

 
Top