Menu
 

Keseimbangan dari hiasan juga perlu diperhatikan. Keseimbangan ini secara garis besar dapat dikelompokkan atas 2 yaitu keseimbangan simetris dan keseimbangan asimetris.
a. Keseimbangan simetris merupakan keseimbangan yang tercipta dimana bagian yang satu sama dengan bagian yang lain. Contohnya bagian kiri sama besar dengan bagian kanan atau bagian atas sama dengan bagian bawah.
b. Keseimbangan asimetri (keseimbangan informal) merupakan keseimbangan yang dibuat dimana bagian yang satu tidak sama dengan bagian yang lain tetapi tetap menimbulkan kesan seimbang.
Untuk menciptakan irama pada desain hiasan dapat dilakukan dengan cara pengulangan bentuk secara teratur, radiasi atau pancaran dan perubahan atau peralihan ukuran. Pengulangan bentuksecara teratur dibuat dengan mengulang bentuk yang sama yang disusun berjejer mengikuti garis lurus atau garis lengkung. Dengan
teknik radiasi atau pancaran dilakukan dengan menyusun ragam hiaspada bidang lingkaran dari tengah menyebar ke seluruh sisi atau darisisi ke tengah bidang.Kesatuan pada desain merupakan terdapatnya kesatuan padakeseluruhan komponen desain baik bentuk desain, warna desain,ukuran desain, dan lain-lain sehingga tercipta sebuah desain hiasanyang baik atau sesuai dengan bidang yang akan kita hias.


Posting Komentar

 
Top