Menu
 

Jakarta - Pernyataan don't judge a book by its cover(jangan menilai seseorang hanya dari penampilannya) dalam kehidupan sehari-hari sangat penting agar setiap orang bisa saling menghargai satu sama lain. Namun, kenyataannya banyak orang yang menilai orang lain melalui penampilan fisiknya terlebih dahulu.
"Bukan berarti kita harus mendewakan penampilan luar saja. Namun, penampilan luar merupakan salah satu hal penting untuk membukakan jalan agar orang lain bisa menghargai dan melihat kita. Kemudian juga mendengarkan apa yang ingin kita sampaikan," ujar presenter senior Becky Tumewu, pada jumpa pers Miss Sophie Paris 2014 di Jakarta, Senin (17/11).
Perkataan Becky disetujui Ajeng Raviando, psikolog. Menurut dia, penampilan merupakan komunikasi visual dalam kehidupan sehari-hari. Dia mengatakan, manusia cenderung lebih menyukai sesuatu yang visual dalam menilai orang lain untuk pertama kalinya.
"Terdapat penelitian yang menemukan bahwa 70 persen orang menilai orang lain dari penampilannya terlebih dahulu. Baru setelahnya mereka bisa menyukai orang tersebut setelah berkomunikasi secara verbal," kata Ajeng.Selain itu, diungkapkan Becky, berpenampilan baik merupakan bentuk apresiasi terhadap diri sendiri dan orang lain di sekeliling Anda."Jadi, kalau ingin menghargai orang lain salah satunya dengan memberikan penampilan terbaik kita," kata Becky.
Salah satu cara agar orang bisa berpenampilan yang baik adalah dengan memiliki wawasan tentang mode. Namun, dikatakan Becky, banyak yang salah paham mengenai hal tersebut.
"Fashionatau mode bukan tentang kita selalu mengikuti tren fashion yang ada. Namun, fashion itu adalah tentang apa yang kita pakai untuk mempresentasikan diri kita," kata Becky.
Dengan begitu, Becky mengungkapkan, untuk bisa berpenampilan baik dan menarik tidak perlu memiliki tubuh yang sempurna, namun bagaimana seseorang bisa menggunakan pakaian yang sesuai."Pakaian yang sesuai adalah yang bisa menonjolkan kelebihan tubuh kita dan menutupi kekurangannya. Jadi, kenali dulu tubuh dan karakter kita seperti apa agar bisa menemukan pakaian yang sesuai," ujarnya.
Penulis: Kharina Triananda/LIS
Becky Tumewu, presenter senior dan pendiri sekolah public speaking TALKinc (sumber: Beritasatu.com/Kharina Triananda)

Posting Komentar

 
Top