Menu
 

Masalah keputihan nampaknya sudah menjadi masalah klasik bagi kebanyakan kaum wanita. Sayangnya, tidak banyak wanita yang mengerti tentang keputihan ini. Padahal jika mereka lebih mengerti tentang penyebab dan jenis dari keputihan tersebut, maka akan lebih mudah untuk menanggulanginya. Terkadang, keputihan dapat dijadikan sebagai tanda suatu penyakit yang berbahaya seperti kehamilan ektopik, gejala kanker leher rahim, dan juga kemandulan. Karena itulah kali ini Tentang Wanita akan membahas permasalahan pada kesehatan wanita keputihan bersama dengan jenis, penyebab, dan juga cara mengatasinya. Yuk, kita simak bersama.
masalah keputihan yang di landa wanita
Jenis-Jenis Masalah Kesehatan Wanita Keputihan
Pada dasarnya keputihan yang sering dialami oleh wanita dibagi menjadi dua, yaitu keputihan yang bersifat fisiologis dan yang bersifat patologis. Kedua jenis keputihan ini memiliki banyak perbedaan.
Keputihan yang terjadi pada masa subur, yaitu sesaat sebelum dan sesudah menstruasi biasanya dinamakan keputihan fisiologis. Keputihan ini juga dialami pada ibu hamil. Ciri-ciri dari keputihan fisiologis ini adalah cairan yang keluar biasanya encer, bening atau berwarna krem, tidak menyebabkan rasa gatal, tidak berbau, dan biasanya memiliki jumlah yang sedikit.
masalah keputihan
Beralih pada keputihan patologis, atau biasa disebut keputihan yang tidak normal. Dikatakan tidak normal karen keputihan ini adalah akibat dari infeksi. Jika dialami oleh ibu hamil, maka resiko ibu melahirkan bayi prematur akan meningkat. Gangguan pernapasan, pencernaan, kebutaan, dan bahkan kematian juga dapat mengancam bayi yang sedang dikandungnya, Ciri-ciri dari keputihan patologis ini adalah cairan yang dikeluarkan bersifat kental, berwarna seperti susu atau hijau atau kuning, berbau tidak sedap, terasa gatal, dan jumlah yang dikeluarkan sangat banyak.
Penyebab Masalah Kesehatan Wanita Keputihan
Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan keputihan. Pada dasarnya, keputihan fisiologis adalah hal yang wajar dialami oleh setiap wanita. Namun keputihan yang satu ini bisa saja disebabkan karena stress dan penggunaan obat-obatan sehingga hormon di dalam tubuh tidak seimbang. Sedangkan keputihan patologis berwarna puih susu dapat disebabkan oleh jamur candidas dan monila yang dipicu oleh pil KB, tubuh dengan daya tahan rendah, dan juga penyakit kencing manis. Keputihan yang berwarna hijau atau kuning disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis yang sering ditularkan dari perlengkapan mandi, hubungan seks yang tidak sehat, dan bibir kloset yang kotor. Sedangkan untuk keputihan yang sedikit encer, berbuih, terasa gatal, berbau amis, dan berwarna keabuan adalah akibat dari virus HIV/AIDS.
Cara Mencegah Masalah Kesehatan Wanita Keputihan
masalah keputihan pada wanita
Kunci utama dari masalah ini adalah selalu menjaga kebersihan organ intim. Jangan pinjam-pakai barang yang berhubungan dengan organ reproduksi, seperti celana dalam, peralatan mandi, dan handuk. Jika Anda memiliki infeksi jamur, konsultasikan pada dokter Anda. Sedangkan jika Anda memiliki diabetes, kadar gula darah Anda harus tetap dijaga. Tips terakhir untuk mencegah masalah kesehatan wanita keputihan adalah dengan melakukan aktivitas seks yang sehat, yaitu dengan pasangan resmi Anda seorang.

View the original article here

Posting Komentar

 
Top